Pasal 340 KUHP

Z dan R

“Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, dancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama 20 tahun.”

Bagi mahasiswa fakultas hukum, bunyi pasal diatas mungkin sudah tidak asing lagi. Pasal diatas adalah sanksi yang akan dijatuhkan kepada orang yang melakukan pembunuhan berencana yang unsur-unsurnya terpenuhi.
Ketika kuliah Delik-Delik dalam KUHP tadi, kami membahas pasal diatas. seketika pikiran ana melayang, ana teringat peristiwa dikampung ana sekitar tahun 90an lalu, waktu itu ana masih kecil, begini ceritanya:

Ada seorang pemuda yang inisialnya “Z”, dia sangat mencintai seorang gadis bernama “R”. Tapi cinta Z tidak disambut oleh R, kalau bahasa dikampung ana itu dikenal dengan istilah “cindek yang artinya cinto dewek (Cinta Sendiri). kebencian muncul dihati Z, disetiap kesempatan dia selalu mengintai R untuk mencari-cari kesempatan. Warga sekitar sering melihat Z menajam-najamkan parang nya dan berbicara sendiri yakni menyebut nama-nama R yang begitu dicintainya.
Hingga muncul suatu kesempatan. R yang pulang dari sekolah bersama-sama teman-temannya, dicegat oleh Z. Kebetulan tempat cukup mendukung, karna R dan teman-temannya pulang sekolah selalu melewati jalan yang sepi dan dipenuhi semak belukar. R ditarik paksa dan tanpa rasa berdosa Z menggorok leher R hingga tewas, dan kemudian apa yang terjadi, Z juga menusukkan parangnya ke lehernya. dan Z pun ikut tewas.
Cerita diatas merupakan kisah nyata, yang sangat tidak disangka-sangka oleh semua masyarakat kampung ana. Sang bunga desa meregang nyawa dengan cara yang tragis. Masyarakat sontak diliputi rasa takut yang mendalam, karna dikampung ana hal-hal yang mistis masih dipercaya.

About these ads

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: