Wisma dan Kinerja LDK

Keberadaan sebuah wisma meruapakn sesuatu yang identik dengan adanya Lembaga Dakwah Kampus (LDK). Disetiap LDK pasti memiliki wisma tempat tinggal para ikhwan atau akhwat, anggota dakwah kampus (ADK). Lembaga Pengakajian Islam (LPI) Fakultas Hukum minsalnya, dikenal ada dua wisma yakni, wisma Al-Hidayah untuk para Ikhwan dan Wisma Hafsah untuk para Akhwat.

Wisma sangat berperan penting bagi terlaksananya kinerja dari sebuah LDK. Mengapa? Karna di wisma lah semua rencana – rencana kerja sebuah LDK kedepan akan dibicarakan.

Di wisma juga menjadi tempat terciptanya sebuah sistem pengelolaan SDM (pengkaderan) sebuah LDK. Sebagai sebauh LDK yang memiliki visi, misi, tujuan dan karakteristik yang berbeda dengan organisasi lainya, maka sistem pengkaderan diorganisasi-organisasi tersebut harus disesuaikan dahulu agar dapat memenuhi kebutuhan LDK yang bersangkutan. Salah satu perbedaan paling mendasar antara LDK dengan organisasi umum adalah bahwa LDK tidak hanya bertujuan untuk menciptakan indivu-individu yang profesional dan intelektual saja namun juga memiliki kepribadian yang islami. Selain itu, profesionalisme yang ingin diciptakan oleh sebauh LDK bukanlah profesionalisme yang dilandasi oleh kepentingan-kepentingan materi, tapi profesionalisme yang dilandasi oleh nilai-nilai keislamDiwisma pengkaderan harus selalu berjalan yakni melalui: halaqoh, liqo’, tausyiah, membaca alquran bersama dll. Sebauh LDK tanpa sebuah wisma, ibaratnya bagaikan sayur tanpa garam. Dimana keduanya saling melengkapi.

LDK sebagai organisasi dakwah sangat membutuhkan calon- calon pengurus yang memiliki standar kompetensi sebagai mana yang ditentukan oleh tim formatur LDK setelah suksesi. Mereka diharapkan telah mendapatkan pengalaman untuk menagani tugas-tugas yang akan diberikan, memiliki pemahaman islam yang baik, mengenali medan, terlah teruji kemitraannya sehingga bisa dikategorikan sebagai sumber daya manusia yang siap pakai (kader inti). Sumber daya manusia-sumber daya manusia seperti ini diharapkan menjadi motor-motor penggerak aktivis dakwah LDK yang berperan mewarnai kampus dengan nilai-nilai islami. Sumber daya manusia-sumber daya manusia ini juga diharapkan dapat menjadi rule of model bagi pengurus-pengirus lain.

2 Balasan ke Wisma dan Kinerja LDK

  1. rahmadlpi89 mengatakan:

    betul akh..
    tapi wisma al-hidayah sedkarang lagi……

  2. oshie mengatakan:

    Subhanallah …tul..itu tataran idealnya….
    tapi selalu ada harapan untuk kita mendekati ideal tersebut….
    keep istiqomah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: